Monday, July 15, 2019

Cara Melakukan Reset Data atau Kembali ke Pengaturan Pabrik pada Smartphone

Diartikel kali ini saya akan membagikan sebuah tutorial cara reset data atau kembali ke pengaturan pabrik pada smartphone. Reset Data atau kembali ke pengaturan pabrik adalah posisi dimana Anda akan mengembalikan seluruh pengaturan yang Anda buat menjadi kembali seperti semula atau Default. Pengaturan apa saja yang akan kembali seperti semula ? Seluruh data yang ada pada smartphone tersebut akan kembali seperti semula ( Kosong ). Bila Anda melakukan Reset Data atau Factory Reset itu akan menghilangkan seluruh data Anda termasuk Foto, Aplikasi, File-file yang ada di Memori Internal ( ROM ) terkecuali untuk yang ada di Memori Eksternal Anda ( SD Card ).

Cara Melakukan Reset Data atau Kembali ke Pengaturan Pabrik pada Smartphone

Biasanya orang-orang yang ingin melakukan factory reset pada smartphonenya karena mengalami beberapa hal, seperti :

  • Ingin menjual Smartphonenya
  • Agar Smartphonenya tidak Lambat lagi
  • Smartphone Terinveksi Virus

Wajar sekali bila seseorang yang ingin menjual smartphonenya wajib mereset Data atau Kembali ke Pengaturan Pabrik agar data-data yang dia miliki tidak bisa digunakan orang lain. Mereset data smartphone pastinya juga akan mengembalikan performa awal pada smartphone karena system akan terefresh kembali seperti semula. Namun bila Anda mendapatkan kendala karena terinveksi virus, untuk menghilangkannya memang harus mereset data atau menginstal ulang firmware smartphone Anda.

Reset Data


Lalu bagaimana cara melakukan Reset Data atau Factory Reset ? Tentunya sangat mudah dan mungkin seluruh smartphone memiliki tutorial yang sama. Untuk mereset Data Anda hanya perlu mencari Menu Kembali ke Pengaturan Pabrik pada Setelan ( Aplikasi Setting ). Kemudian berikan Izin untuk melakukan Reset Data.

Ingat untuk selalu Membackup Data-data Anda jika tidak ingin Data tersebut hilang

1 Hal lagi, jika Anda ingin melakukan Reset Data atau Factory Reset, saya sarankan untuk menghapus Akun Google Anda terlebih dahulu namun jika Anda mengingat password pada Akun Google Anda tidak masalah karena jika Anda lupa pada password Akun Google yang melekat pada smartphone itu  Anda tidak akan bisa membuka smartphone tersebut ( Bisa dibilang Terkunci oleh FRP )

Begitulah cara mereset data atau kembali ke pengaturan pabrik pada smartphone, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi semua orang.

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya